Cara Cepat Input Nomor Ponsel Siswa di Dapodik 2021 (GOOGLE LENS & TERJEMAHAN)

Kuota Gratis dari Kemendikbud Diperpanjang

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengalokasikan dana sebesar Rp 7,2 T untuk subsidi kuota internet siswa, guru, mahasiswa serta dosen.

Rencananya, siswa akan mendapat 35 GB/bulan, guru akan mendapat 42 GB/bulan, mahasiswa dan dosen 50 GB/bulan selama empat bulan ke depan, terhitung dari bulan September hingga Desember 2020. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, upaya ini dilakukan atas masukan masyarakat yang mayoritas terkendala pulsa kuota internet dalam mengakses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

“Pulsa ini adalah (masalah) nomor satu,” papar Nadiem di ruang rapat Komisi X DPR RI, seperti dilansir laman Kemendikbud, Kamis (27/8/2020).

Melansir Kompas.tv, Minggu (30/8/2020), Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Jumeri mengeluarkan surat edaran susulan bernomor 8310/C/PD/2020 yang menganulir masa tenggat pendaftaran nomor ponsel dari 31 Agustus 2020 menjadi 11 September 2020.

(Artikel di atas diambil dari https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/31/064527471/pendaftaran-kuota-gratis-dari-kemendikbud-diperpanjang-ini-caranya.)

Informasi terkait Kuota Gratis ini, sebelumnya kurang tersosialisasi ke sekolah-sekolah, terutama yang berada di daerah-daerah. Sehingga ketika ada informasi bahwa Kuota Gratis dari Kemendikbud Diperpanjang, banyak sekolah yang terburu-buru mendata nomor ponsel para siswanya. Pekerjaan yang paling berat adalah operator sekolah yang harus meng-input data yang tidak sedikit itu ke dapodik dalam waktu singkat.

Cara Cepat Input Nomor Ponsel

Dengan kemajuan teknologi, kertas yang berisi data nomor ponsel siswa bisa diambil teksnya tanpa melakukan pengetikan yang pastinya akan melelahkan mata. Untuk ini kita bisa menggunakan aplikasi Android dari Google: Google Lens dan Google Translate. Pastilah semua operator sekolah memiliki ponsel pintar ini. Begini caranya:

• GOOGLE LENS

GOOGLE LENS adalah salah satu fitur aplikasi android keluaran Google yang bisa digunakan untuk mengambil teks melalui kamera atau foto. Namun tidak semua HP Android support dengan aplikasi ini.

  1. Buka aplikasi Google Lens
  2. Pilih Tombol Teks dan arahkan kamera ke kertas yang akan diambil teksnya, lalu tekan lagi Tombol Teks tersebut.
  3. Selanjutnya tekan menu “Pilih Semua” dan “Salin Teks”.
  4. Terakhir, tempelkan teks yang sudah disalin tersebut via chat Whatsapp atau via email yang nantinya bisa kita akses di laptop tempat dapodik bersemayam.

 

• GOOGLE TRANSLATE (TERJEMAHAN)

GOOGLE TRANSLATE (TERJEMAHAN) adalah Layanan gratis Google menerjemahkan kata, frasa, dan halaman web secara instan antara bahasa Inggris dan lebih dari 100 bahasa lainnya. Hampir semua HP Android support dengan aplikasi ini.

  1. Buka aplikasi GOOGLE TRANSLATE (TERJEMAHAN) dan pilih Kamera.
  2. Arahkan kamera ke kertas yang akan diambil teksnya, lalu tekan Pindai dan Tombol Shoot.
  3. Hasilnya akan seperti ini. Lalu “Pilih Semua”.
  4. Selanjutnya buka teks yang di atas dan silakan di-copypaste seperti halnya pada Google Lens.

Demikianlah sedikit pengalaman dalam meng-input data nomor ponsel Siswa dan Guru di dapodik. Selain untuk hal tersebut di atas, masih banyak kegunaan kedua aplikasi tersebut.

CATATAN: Tetap periksa kembali input yang kita lakukan dengan bantuan kedua aplikasi tersebut. Semakin bagus kualitas kamera (tentu juga tulisan tangan di kertas) maka akan semakin baik juga hasil comotan teksnya.

 

By SDN 04 PULUNG KENCANA Posted in dapodik

Leave a comment